Cara Meningkatkan Kreativitas dan Kesehatan Mental

17:44
Tips Sehat dan Cantik - Apakah Anda sedang berusaha untuk meningkatkan kreativitas yang Anda miliki? Nah, artikel yang satu ini akan menjelaskan kepada Anda cara meningkatkan kreativitas yang sekaligus dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Menjaga kesehatan tubuh memang penting, namun kita juga harus menjaga kesehatan mental, pikiran, dan batin supaya semuanya berjalan secara seimbang.

Kita tentu tidak mau kan kalau hanya jasmani saja yang sehat sedangkan rohani tidak. Atau apakah kita ingin rohani saja yang sehat sedangkan jasmani kita mengalami sakit-sakitan, tentu tidak kan? Makanya, kita harus menjaga kesehatan keduanya. Untuk menjaga kesehatan jasmani sudah banyak dijelaskan di artikel-artikel kami sebelumnya, contohnya 7 cara menjaga kesehatan tubuh dengan praktis.

Nah, sedangkan untuk menjaga kesehatan mental, pikiran, dan batin (rohani) maka bisa dicoba beberapa cara dibawah ini. Karena dengan mental, pikiran, dan batin yang sehat kemungkinan besar tingkat kreativitas Anda akan terus meningkat.
tips meningkatkan kreativitas
Ilustrasi santai sejenak via men-id.com

Cara Meningkatkan Kreativitas

1. Baca buku
Tahukan bahwa rajin membaca buku itu dapat menambah pengetahuan baru bagi kita. Selain itu, membaca buku seperti halnya novel mampu membuat kita berimajinasi dan membayangkan serangkaian kejadian yang sedang diceritakan dalam buku tersebut. Bila Anda secara rutin melakukan hal tersebut, tingkat kreativitas Anda dengan sendirinya akan mengalami peningkatan lho. Saran kami adalah pilihlah buku bacaan yang memang menarik buat Anda, sehingga Anda tidak jenuh untuk membacanya

2. Tenangkan pikiran
Terkadang bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan untuk beristirahat, akan tetapi pikiran juga sangat membutuhkan istirahat. Biasanya tubuh akan memberikan tanda-tanda tertentu supaya kita segera untuk mengambil jam istirahat (Baca: 4 Tanda Ini Mengharuskan Tubuh Anda Untuk Beristirahat). Salah satu tanda pikiran Anda harus segera beristirahat adalah stres. Nah, untuk mengurangi tingkat stres dan menyegarkan kembali pikiran Anda, cobalah untuk menenangkan pikiran Anda sejenak. Contohnya, meditasi, yoga, atau rutin melakukan latihan pernafasan di pagi hari.

3. Tingkatkan rasa ingin tahu
Ketika kita masih kecil ada banyak sekali yang ingin ditanyakan. Namun setelah dewasa, rupanya rasa ingin tahu tersebut mulai sedikit memudar. Padahal, rasa ingin tahu itu akan membawa Anda ke berbagai pengalaman menarik yang suatu hari nanti akan menjadi guru yang paling berharga dalam kehidupan Anda. Semakin banyak pengalaman, secara tidak sadar tingkat kreativitas Anda pun akan mengalami peningkatan. Selain itu, pengalaman juga akan menuntun Anda untuk lebih dewasa.

4. Melatih pikiran
Bukan hanya bakat yang harus selalu dilatih, tetapi pikiran juga harus selalu diasah supaya pikiran Anda tidak cepat tumpul. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melatih pikiran Anda. Misalnya, bermain rubik, menyusun puzzle, catur atau bisa juga mengerjakan soal matematika. Semakin banyak pikiran terlatih, maka akan semakin baik tingkat kreativitas kita.

5. Kurangi menonton TV
Sesekali menonton TV memang tidak ada salahnya karena hal itu bisa menjadi salah satu sumber untuk menghibur diri Anda. Akan tetapi, kalau terlalu banyak waktu Anda gunakan hanya untuk duduk santai di sofa sambil melihat acara TV, mulai dari sekarang sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Anda tidak mau kan tingkat kreativitas Anda berkurang cuma karena disuguhkan oleh acara yang itu-itu saja?

Nah, itulah cara meningkatkan kreativitas dan kesehatan mental Anda. Mulai dari sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara untuk meningkatkan kreativitas sekaligus menjaga kesehatan mental Anda. Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba ya...
Previous
Next Post »
0 Komentar