6 Hal Yang Membuat Kita Mudah Mengantuk

19:52
Tips Sehat dan Cantik - Dari sekian banyak hal, rasa kantuk dan kelelahan bisa menjadi musuh utama di sela-sela kesibukan bekerja. Umumnya, rasa kantuk yang dialami oleh seseorang adalah hasil dari kurangnya kualitas tidur seseorang. Akan tetapi, kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab yang membuat seseorang mudah mengantuk. Dibawah ini setidaknya terdapat 6 hal yang bisa membuat seseorang mudah mengantuk yang sekaligus kami berikan pula dengan cara mengatasinya.
mengantuk ketika kerja
Ngantik ketika kerja via keranews.org
1. Kurang tidur
Kurang tidur memang menjadi penyebab paling utama yang bisa membuat seseorang mudah sekali kelelahan maupun mengantuk. Oleh karenanya, kita disarankan untuk membiasakan tidur kurang lebih 7 jam di setiap malamnya.

2. Sleep apnea
Meskipun sebagian orang telah mencukupi kebutuhan tidurnya dengan baik, akan tetapi ada suatu kondisi dimana kualitas tidur seseorang dapat berkurang tanpa disadari. Sleep apnea atau biasa disebut dengan berhenti bernapas saat tidur bisa terjadi beberapa kali dalam semalam. Meskipun hal ini terjadi tanpa kita sadari, namun hal ini rupanya bisa mengganggu kualitas tidur kita. Sleep apnea biasanya sering dialami oleh mereka yang mempunyai masalah dengan berat badannya (obesitas) dan perokok. Untuk meringankan gangguan tidur yang satu ini, Anda bisa mengatasinya dengan menurunkan berat badan dan juga berhenti merokok.

3. Asupan yang tidak tepat
Makan terlalu sedikit bisa membuat tubuh seseorang kurang bertenaga. Namun, penyebab yang paling utamanya adalah makanan yang dikonsumsi jauh dari kata sehat. Bila menu sarapan Anda hanya kebanyakan mengandung karbohidrat sederhana, seperti yang terdapat pada roti putih atau donat, maka kadar gula darah Anda akan naik dengan cepat kemudian menurun

Untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus memilih menu sarapan sehat yang di dalamnya terdapat protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks. Misalnya, telur dengan roti gandum utuh.

4. Anemia
Umumnya, anemia atau kekurangan sel darah merah merupakan penyebab utama kelelahan yang terjadi pada wanita. Bila kelelahan yang sering Anda alami disebabkan oleh anemia, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Beberapa makanan yang banyak mengandung zat besi diantaranya adalah daring, hati, kacang-kacangan, atau kerang.

5. Gangguan tiroid
Tiroid merupakan kelenjar kecil yang letaknya berada di bagian bawah leher. Fungsi dari pada kelenjar tiroid ini adalah untuk mengontrol metabolisme. Bila kelenjar tiroid tidak aktif atau fungsi metabolisme berjalan lambat, pada akhirnya Anda pun akan merasa kurang berenergi dan berat badan akan mengalami kenaikan.

6. Terlalu banyak kafein
Bagi kebanyakan orang, kopi merupakan andalan yang paling utama manakala rasa kantuk atau pun lelah mulai melanda. Namun, kebanyakan kafein malah justru akan membuat Anda kelelahan.

Nah, itu dia 6 hal yang bisa membuat kita mudah lelah dan ngantuk di siang hari. Jika Anda dapat mengatasi ke-6 masalah tersebut, Anda pun akan terhindar dari rasa lelah dan ngantuk di siang hari.
Previous
Next Post »
0 Komentar