4 Manfaat Sarapan Pagi

00:27
Tips Sehat dan Cantik – Pagi hari merupakan saat yang paling sibuk dan juga banyak orang yang terburu-buru hingga melewati ritual yang sangat penting yaitu sarapan. Bahkan ada juga sebagian orang yang meskipun tidak terburu-buru suka meninggalkan sarapan pagi. Mereka tidak sarapan pagi karena mereka beralasan belum merasa lapar. Padahal, sarapan itu sangat penting lho. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apa saja manfaat sarapan pagi yang seringkali Anda lewati.

Nah, berikut ini setidaknya ada 4 manfaat sarapan pagi yang bisa Anda dapatkan. Apa saja manfaatnya? Simak berikut ini...
manfaat sarapan pagi
Ilustrasi foto: www.huffingtonpost.com
1. Memberikan energi untuk tubuh dan otak
Setiap hari Anda disibukkan dengan banyaknya aktivitas. Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan banyak energi untuk melakukannya. Supaya lebih bersemangat dalam mengawali aktivitas harian Anda, sebaiknya Anda jangan lupa untuk sarapan pagi. Selain energi tubuh terpenuhi, otak Anda pun akan lebih siap untuk memulai harinya. Orang yang tidak meninggalkan sarapan pagi biasanya akan lebih mudah berkonsentrasi sehingga mampu mengerjakan segala hal dengan baik.

2. Menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan
Pada pagi hari, biasanya lambung akan menghasilkan asam lambung dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini terjadi karena Anda tidak makan selama beberapa jam lamanya setelah tidur. Bila perut tidak diisi kembali, asam lambung kemudian akan berakumulasi dan mengikis dinding lambung. Bilamana hal ini tetap dibiarkan, kemungkinan besar perut Anda akan mengalami rasa perih yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya maag atau radang lambung.

3. Menjaga berat badan
Anda tidak ingin kelihatan gemuk? Mulai sekarang biasakan untuk sarapan. Sarapan dengan porsi yang cukup mampu menghindarkan Anda dari rasa kelaparan yang malah akan membuat Anda semakin banyak makan nantinya. Dengan sarapan pagi, Anda akan terhindar dari makan makanan yang tidak sehat selama seharian. Sarapan pagi bisa dengan minum satu gelas susu atau makan 2 butir telur ditambah dengan 2 lembar roti gandum.

4. Memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik
Sarapan sehat dipagi hari disertai dengan jumlah makanan yang cukup mampu menjaga perut Anda dari rasa lapar berlebihan ketika menjelang siang nanti. Bila Anda terus membiasakan diri untuk melakukan sarapan pagi, gula darah Anda akan terjaga karena kelaparan dipagi hari dapat meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, seperti yang dikatakan diatas bahwa sarapan pagi sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

Nah, itu dia manfaat sarapan pagi yang mesti Anda ketahui. Mulai dari sekarang, jangan lupa ya untuk sarapan pagi, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, sarapan pagi juga dapat memberikan contoh kebiasaan yang baik terhadap anak Anda nantinya. Semoga bermanfaat ya...
Previous
Next Post »
0 Komentar