5 Makanan Alami Ini Baik Untuk Menjaga Fungsi Hati

19:11
Tips Sehat dan Cantik - Salah satu organ tubuh kita yang mempunyai peranan sangat penting adalah hati. Bagi orang dewasa, berat organ hati yang sehat sekitar 1.3 Kg. Selain berperan sebagai penyaring racun, organ yang satu ini juga menghasilkan zat-zat penting yang diperlukan oleh organ lain.

Perlu diketahui bahwa hati yang sehat dapat memodulasi komposisi darah, menghilangkan racun dari darah, mengubah makanan yang telah diproses sistem pencernaan menjadi nutrisi yang kemudian akan di distribusikan kepada organ lainnya.
makanan untuk kesehatan organ hati
Ilustrasi via #
Begitu pentingnya peran hati bagi tubuh, maka sudah semestinya kita menjaga organ tersebut supaya tetap sehat sehingga mampu bekerja secara maksimal.  Untuk menjaga organ hati kita tetap dalam kondisi terbaiknya, 5 makanan dibawah ini bisa menjadi solusinya.

1. Jeruk bali
Buah yang mengandung vitamin C, antioksidan, dan pektin ini sangat baik untuk membantu proses pembersihan alami dari hati. Disamping itu, adanya glutation yang merupakan antioksidan yang kuat mampu menetralkan radikal bebas dan juga mendetoksifikasi hati. Bahkan, kandungan zat naringenin flavonoid pada jeruk bali dapat membantu mengikis lemak yang bersarang dalam tubuh.

2. Lemon
Sudah tak terhitung artikel yang membahas tentang manfaat dari bahan alami yang satu ini. Buah yang mengandung zat antioksidan D-Limonene ini akan membantu mengaktifkan enzim dalam hati yang membantu proses detoksifikasi. Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, lemon dapat membantu organ hati untuk menghasilkan lebih banyak enzim yang nantinya akan sangat berguna untuk membantu pencernaan.

3. Teh hijau
Minum secangkir teh hijau di pagi hari memang sangat nikmat sekaligus memberikan semangat. Mengkonsumsi teh hijau setiap hari sangat baik bagi organ hati karena teh hijau dapat membantu membuang racun, mengurangi timbunan lemak dalam tubuh, serta menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi.

Pada tahun 2002 telah dilakukan sebuah studi yang menemukan bahwa kandungan katekin pada teh hijau dapat membantu memicu katabolisme lipid di hati sehingga hal ini dapat mencegah akumulasi lemak di hati.

4. Ubi merah
Makanan yang enak ini juga tidak kalah manfaatnya dengan 3 makanan yang telah dijelaskan sebelumnya. Ubi merah tinggi akan zat flavonoid dan beta karoten yang bermanfaat untuk membantu merangsang dan meningkatkan fungsi hati.

5. Bawang putih
Bumbu dapur yang mudah didapat ini efektif membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida yang bisa membebani dan menghambat kinerja hati. Supaya hati tetap berfungsi dengan baik, dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang mentah segar. Jika Anda tidak sanggup mengkonsumsinya secara langsung atau dalam keadaan mentah, Anda bisa memilih cara lainnya yaitu dengan di cincang atau dalam bentuk bubuk.

Nah, itu dia 5 makanan sehat yang bisa Anda konsumsi supaya organ hati Anda tetap berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 
Previous
Next Post »
0 Komentar