Cara Sederhana Ini Efektif Turunkan Kolesterol Jahat

19:24
Tips Sehat dan Cantik - Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai makanan-makanan apa saja yang baik untuk menurunkan kolesterol. Jika Anda ingin menyimaknya, silahkan klik disini.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa tingginya kadar kolesterol jahat yang bersarang di dalam tubuh akan memicu timbulnya penyakit berbahaya yang salah satunya adalah penyakit jantung. Karena begitu berbahaya, maka sudah semestinya kita berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut.

Memang ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi kolesterol jahat. Mulai dari cara paling sederhana, sampai dengan cara yang sukar untuk dilakukan. Selama masih ada cara yang mudah, kenapa tidak, iya kan?
turunkan kolesterol dengan puasa
Puasa via vitals.lifehacker.com
Salah satu metode sedeharna yang bisa Anda coba untuk mengurangi kolesterol jahat adalah dengan berpuasa. Perlu diketahui bahwa ada kalanya perut untuk terisi dan ada kalanya tidak terisi. Ketika Anda berpuasa, maka pada saat itulah Anda memberikan istirahat pada sistem pencernaan. Ketika ingin melaksanakan puasa, baik sahur ataupun buka lebih baik makanlah makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti buah dan sayur.

Bagi Anda yang saat ini tengah menderita kadar kolesterol tinggi, alangkah baiknya jika Anda berpuasa. Dengan berpuasa total kolesterol akan berkurang 10%, termasuk penurunan LDL 15%, penurunan trigliserida 30%, dan HDL akan mengalami kenaikan 8%.

Menurunkan kolesterol dengan berpuasa memang bukanlah sebuah isapan jempol belaka, hal ini terbukti berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Intermountain Medical Center di Murray, Utah, Amerika Serikat. Pada penelitian tersebut setidaknya melibatkan sekelompok orang yang berusia mulai dari 30-69 tahun. Sekelompok orang tersebut diminta melakukan puasa dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh pihak penelitian.

Menurut ketua tim penelitian, yakni Dr. Benjamin Horne, tubuh peserta yang telah berpuasa 10 hingga 12 jam akan memasuki fase pertahanan diri dimana tubuh akan menggali sumber lain dalam tubuh untuk dijadikan energi. Salah satu hal yang menjadi sumber energi lain tersebut adalah LDL atau yang biasa kita kenal dengan kolesterol jahat. Untuk hasil yang maksimal memang dibutuhkan waktu yang cukup dan juga keteraturan.

Nah, itulah kenapa puasa bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tengah bersarang di dalam tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar