10 Makanan Ini Bantu Bersihkan Tubuh Anda

18:37
Tips Sehat dan Cantik - Detoksifikasi merupakan istilah yang seringkali digunakan untuk membersihkan atau pun mengurangi kadar racun yang bersarang didalam tubuh. Membersihkan tubuh itu sangatlah penting untuk dilakukan, karena dalam kehidupan sehari-hari, baik itu makanan, bahan-bahan perawatan tubuh, sampai udara yang setiap saat  kita hirup pun mengandung bahan kimia yang nantinya dapat merusak kesehatan tubuh.

Sekarang ini banyak terapi yang bisa kita coba untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh, namun harga yang dikeluarkan memang tidaklah sedikit. Untuk itu, cara alami bisa menjadi salah satu jalan bagi Anda yang ingin membersihkan tubuh dari racun, kotoran, atau bakteri yang telah masuk dalam tubuh.
Makanan Ini Bantu Bersihkan Tubuh
Ilustrasi buah apel via stylonica.com
Cara alami ini sangatlah mudah dan tentunya cara ini juga sangat erat sekali dengan pola makan sehari-hari. Berikut ini kami berikan untuk Anda 10 jenis makanan yang dapat membersihkan tubuh Anda dari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

1. Teh hijau
Salah satu minuman menyehatkan ini masuk kedalam salah satu cara terbaik untuk mendetoks tubuh Anda. Teh hijau yang telah banyak peminatnya ini kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk membuang racun dari tubuh serta melindungi hati dari gangguan berbagai penyakit.

2. Bawang putih
Bawang putih memang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, manfaat bawang putih tidak hanya sebatas itu saja lho. Masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bawang putih. Salah satunya adalah bawang putih dapat digunakan sebagai makanan detoks alami untuk tubuh Anda. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung bahan alami yang bersifat sebagai anti-biotik, anti-virus, dan anti-bakteri. Disamping itu, bawang putih juga mengandung bahan alami lainnya seperti Allicin yang dapat meningkatkan sel darah putih serta membantu mengurangi atau menghilangkan racun dalam tubuh.

3. Lemon
Tahukah Anda bahwa buah lemon itu ternyata masuk kedalam jajaran makanan detoks paling populer lho. Hal ini tentu saja karena buah lemon mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu lemon juga mempunyai sifat alkali pada tubuh yang artinya dapat mengembalikan keseimbangan pH tubuh dan itu baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Jahe
Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah alami yang bila dikonsumsi mampu meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan sekaligus mengurangi gas dalam perut. Bila Anda kurang suka dikunyah secara langsung, Anda juga bisa menikmatinya dalam bentuk wedang jahe. Selain sehat, tubuh Anda juga akan terasa lebih hangat.

5. Beras Cokelat
Beras cokelat tinggi akan kandungan vitamin B, fosfor, magnesium, dan mangan yang bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk membersihkan usus. Selain itu, beras cokelat juga mengandung zat selenium yang mampu melindungi hati serta meningkatkan kesehatan kulit.

6. Apel
Buah apel mengandung pectin, yaitu sejenis serat yang dikenal mampu membantu membersihkan tubuh dari racun atau kotoran yang menumpuk yang disebabkan oleh makanan serta lingkungan yang tidak sehat. Apel juga sangat baik dalam menyingkirkan parasit pada usus, merawat kesehatan kulit, mengatasi kandung kemih, serta mencegah gangguan fungsi hati.

7. Bit
Kita tahu bahwa organ liver bertugas untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh secara alami. Namun, kalau tugas yang diberikannya terlalu berat maka liver tidak akan lagi sunggup untuk bekerja secara maksimal. Nah, dengan mengonsumsi bit inilah kinerja organ liver akan semakin ringan. Supaya khasiat yang didapat lebih maksimal, sebaiknya konsumsi buah bit secara langsung tanpa dibikin jus.

8. Seledri
Sayuran hijau yang satu ini biasanya sering hadir dalam menu masakan tertentu. Bila Anda rajin mengonsumsinya, sayuran hijau tersebut berkhasiat sebagai detoks alami untuk tubuh. Seledri bermanfaat untuk membantu memurnikan darah serta membersihkan asam urat dari persendiaan.

9. Kubis
Kubis atau lebih akrab disapa kol ternyata mempunyai khasiat sebagai anti-peradangan dan telah lama digunakan sebagai penyembuh luka yang mengoreng. Kubis mengandung lactic acid yang dapat membasmi kuman dalam usus dan juga membantu tubuh dalam melawan racun.

10. Wortel
Selain dikenal kaya akan kandungan vitamin A, mengonsumsi wortel secara rutin pun berkhasiat untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang menumpuk. Selain itu wortel juga baik untuk merawat sistem pernapasan yang bermasalah, membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur, serta membantu atasi masalah kulit.

Supaya hasil yang didapat jauh lebih maksimal, proses detoksifikasi sebaiknya dilakukan secara rutin. Cara melakukannya bisa dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Simak juga 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Harus Diketahui
Previous
Next Post »
0 Komentar