5 Pantangan Bagi Ibu Hamil

17:42
Tips Sehat dan Cantik - Masa kehamilan merupakan masa paling dinanti-nantikan terutama bagi pasangan yang baru saja membangun bahtera rumah tangganya. Sebuah keluarga dirasa kurang sempurna bila belum mempunyai buah hati. Oleh karena itu, masa kehamilan adalah momen terpenting yang harus dijaga baik-baik supaya kesempatan untuk mendapatkan momongan semakin terbuka lebar.

Disaat menjalani kehamilan, seorang ibu harus lebih ekstra lagi untuk menjaga kesehatannya karena hal itu akan berdampak pula terhadap kesehatan janinnya. Untuk itu seorang ibu hamil harus mampu memperhatikan aktivitas yang dilakukannya supaya tidak mengurangi kondisi kesehatannya. Berikut ini terdapat 5 pantangan bagi ibu hamil yang mesti diketahui.
Pantangan Bagi Ibu Hamil
Ilustrasi ibu kehamilan via occupycorporatism.com
1. Olahraga berat
Olahraga memang baik karena dapat menyehatkan. Namun, penting juga mengetahui olahraga seperti apa yang cocok bagi seorang ibu hamil. Olahraga seperti jalan kaki, yoga, atau pun olahraga lainnya yang tidak menguras banyak tenaga bisa dilakukan oleh seorang ibu hamil.

2. Banyak  makan
Jangankan untuk seorang ibu hamil, untuk orang yang tidak sedang dalam kondisi hamil sekalipun tidak disarankan untuk banyak makan (berlebihan), karena nantinya akan lebih berisiko untuk mengalami obesitas. Berat badan belebih selama kehamilan akan berdampak pula terhadap kesehatan bayi.

3. Terlalu sering mandi air hangat
Sebetulnya mandi air hangat bagi seorang ibu hamil tidaklah menjadi suatu masalah. Apalagi di musim penghujan, mandi air hangat bisa menjadi jalan alternatif supaya tidak kedinginan. Yang jadi masalah adalah bila suhu air yang digunakan itu terlalu tinggi. Hal ini tentu tidak baik apalagi pada awal kehamilan, suhu air yang tinggi dapat menyebabkan cacat lahir pada janin.

4. Minum kopi
Bila Anda suka sekali menikmati kopi, maka pada saat kehamilan sebaiknya kebiasaan tersebut dikurangi saja. Kandungan kafein didalamnya mempunyai sifat sebagai stimultan yang dapat meningkatkan sedikit tekanan darah, meningkatkan denyut jantung, membuat ibu hamil merasa gelisah, susah tidur, dan merangsang sekresi asam lambung. Dampak paling buruk bila minum kopi berlebihan bagi seorang ibu hamil adalah keguguran. Oleh karena itu, seorang ibu hamil disarankan untuk membatasi minum kopi disetiap harinya.

5. Memakai sepatu hak tinggi
Memakai sepatu hak tinggi memang terlihat modis, akan tetapi alangkah baiknya bila seorang ibu hamil tidak menggunakannya. Selain tidak nyaman, sepatu hak tinggi juga bisa membahayakan karena dapat meningkatkan risiko jatuh yang nantinya membuat bumil mengalami trauma dan parahnya lagi bisa menyebabkan cacat janin bahkan keguguran.

Bagaimana pun juga, masa kehamilan itu adalah anugrah Tuhan YME yang mesti dijaga baik-baik. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan baru untuk Anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar