7 Tips Supaya Tidak Ngantuk Berlebihan Saat Bekerja

20:13
Tips Sehat dan Cantik - Rasa ngantuk memang bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Meskipun hal tersebut biasa terjadi, akan tetapi mengantuk ketika sedang melakukan aktivitas atau bekerja tentunya hal itu akan membuat kita menjadi tidak produktif.

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang mengalami rasa kantuk berlebihan. Seperti, tidur terlalu larut atau kurang tidur, tidur siang berlebihan, rasa bosan, stress, kecemasan, mengkonsumsi obat-obatan, pola makan yang buruk, kurang berolahraga, diabetes, dan masih banyak yang lainnya.
ngantuk berlebih ketika bekerja
Ngantuk saat kerja via theglobeandmail.com
Rasa kantuk berlebih sebaiknya jangan sampai Anda biarkan begitu saja. Karena kalau tetap dibiarkan, dikhawatirkan masalah ini akan menganggu kehidupan Anda. Untuk mengatasi rasa ngantuk berlebih terutama ketika sedang berada di tempat kerja, beberapa tips dibawah ini bisa menjadi solusinya.



1. Buat komitmen untuk jadwal tidur yang teratur
Kurang tidur atau tidur terlalu larut merupakan faktor utama yang membuat Anda merasakan kantuk berlebih di siang harinya. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang buat komitmen untuk jadwal tidur yang teratur. Dengan terpenuhinya waktu tidur Anda, maka hal itu akan membantu mengatasi kelelahan, depresi, dan stres.

Setiap orang memerlukan waktu istirahat yang berbeda-beda untuk bisa mengembalikan energinya. Umumnya, rata-rata orang memerlukan waktu istirahat 7-8 jam di setiap harinya. Meskipun begitu, tidur yang berkualitaslah yang paling dibutuhkan oleh setiap orang supaya bisa tidur nyenyak.

2. Memulai hari dengan sinar matahari
Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi. Salah satu manfaatnya adalah membantu mengatur siklus tidur-bangun dengan cara memprogram otak bahwa sudah tiba waktunya untuk bangun. Selain itu, sinar matahari pagi juga akan membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang nantinya akan membantu mengatasi rasa kantuk di siang hari.

3. Minum teh hijau setelah bangun tidur
Minum secangkir teh hijau setelah bangun tidur akan membantu memberikan dorongan energi dan stamina hingga berjam-jam. Cara yang satu ini juga efektif untuk mengurangi rasa lelah dan stres. Jika Anda lebih suka minum teh manis, sebaiknya gunakan madu sebagai pemanisnya.

4. Minum air lemon
Selain minum teh, Anda juga bisa memilih minum air lemon untuk menyingkirkan rasa kantuk di siang hari. Dengan cara yang satu ini, tubuh akan tetap terhidrasi sekaligus mengeluarkan racun berbahaya yang ada dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa tubuh yang mengalami dehidrasi akan mempengaruhi oksigenasi otak, sehingga membuat Anda menjadi lebih lelah dan mengantuk di siang hari.

5. Percikkan air dingin pada wajah
Setiap kali rasa kantuk datang menghadang, cobalah percikkan air dingin pada wajah Anda. Cara ini cukup efektif mengingat perubahan suhu yang mendadak akan menghilangkan rasa kantuk dan juga membantu meningkatkan energi Anda.

6. Rutin berolahraga
Tidak hanya membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar, olahraga yang dilakukan secara teratur, setidaknya 30 menit 5 kali dalam seminggu akan membantu menambah energi sehingga Anda tidak akan mudah mengantuk di siang hari. Selain itu juga, rutin berolahraga akan meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

7. Jangan lupa sarapan
Sarapan adalah hal yang mesti dilakukan supaya Anda lebih semangat dalam mengerjakan segala aktivitas. Tidak perlu banyak-banyak, ringan tapi sehat adalah pilihan terbaik untuk sarapan.

Nah, itulah 7 tips sederhana supaya Anda terhindar dari rasa kantuk berlebih pada saat bekerja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!
Previous
Next Post »
0 Komentar