7 Cara Mengatasi Susah Tidur Yang Harus Diketahui

18:51
Tips Sehat dan Cantik - Sampai saat ini, ternyata masih banyak diantara kita yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi susah tidur yang paling tepat. Oleh karena itu, disini kami akan memberikan beberapa tips yang nantinya bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tidur yang selama ini kerap sekali mengganggu Anda untuk bisa beristirahat.

Kita semua tahu bahwa setiap orang membutuhkan tidur guna mengistirahatkan tubuh setelah melakukan banyak aktivitas disetiap harinya. Tidur yang cukup memang disarankan karena hal itu dapat membuat tubuh terasa segar sehingga siap untuk kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, bagaimana dengan mereka yang merasa kesulitan untuk bisa tidur dimalam hari?

Bilamana Anda memiliki gangguan susah tidur (insomnia), sebaiknya Anda jangan terlalu mengandalkan obat tidur sebagai jalan atau solusi untuk mengatasi insomnia yang Anda alami. Karena, dikhawatirkan nantinya Anda akan ketergantungan dengan obat tersebut, sehingga Anda pun tidak akan pernah bisa tidur sebelum mengonsumsi obat tidur.
tips atasi susah tidur
Ilustrasi susah tidur via hecticparents.com
Ada beberapa faktor yang membuat seseorang seringkali mengalami gangguan susah tidur, diantaranya:
  • Meningkatnya tingkat kecemasan atau stres menjelang tidur.
  • Terlalu bising atau bisa juga karena suasana kamar yang begitu menyeramkan, sehingga kadang-kadang pikiran Anda malah memikirkan sesuatu yang justru membuat Anda takut.
  • Punya masalah dengan kesehatan, seperti asma atau seringkali buang air kecil, dll.
  • Pola hidup yang berubah-ubah, misalnya seminggu Anda kerja shif pagi dan satu minggu berikutnya Anda masuk kerja bagian siang/malam.
  • Kebiasaan yang tidak baik, seperti minum kopi menjelang tidur atau menonton film menyeramkan.

Mengatasi gangguan susah tidur memang tidaklah mudah karena hal itu harus dilakukan secara terus-menerus agar menjadi suatu kebiasaan. Tapi ingat, jangan menggunakan obat-obatan ya. Selain dengan obat tidur, masih banyak cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah tipsnya.

7 Cara Mengatasi Susah Tidur

1. Rileks
Sebelum Anda naik ketempat tidur dan mencoba memejamkan mata, sebaiknya buatlah diri Anda setenang mungkin. Hal ini dipercaya cukup efektif untuk membuat Anda lebih cepat tidur. Anda bisa meditasi terlebih dahulu atau dengan membaca buku yang membuat Anda semakin rileks.

2. Matikan lampu
Setelah tubuh Anda terasa nyaman karena sebelumnya telah melakukan relaksasi, langkah selanjutnya adalah dengan mematikan lampu ruangan tidur Anda. Tidur dalam kondisi gelap memang disarankan karena hal itu membuat tidur Anda lebih berkualitas. Ingin tahu lebih dalam mengapa tidur harus dalam kondisi gelap? Coba simak artikel yang satu ini Manfaat Tidur Tanpa Cahaya Lampu

3. Minum teh
Selain membaca buku, minum teh juga disinyalir dapat membuat tubuh Anda terasa lebih tenang. Kalau Anda ingin cepat mengantuk, cobalah minum teh sebelum Anda pergi ketempat tidur. 5 Manfaat Minum Teh yang Harus Anda Ketahui

4. Aktif
Biasanya, orang yang sering malas-malasan disiang hari akan merasa kesulitan untuk bisa tidur pada malam harinya. Oleh karena itu biasakanlah untuk selalu aktif di siang hari supaya malam harinya Anda pergunakan untuk beristirahat.

5. Jangan minum kopi
Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan menghindari minum kopi pada saat malam hari. Kopi mengandung kafein yang dapat membuat seseorang merasa kesulitan untuk bisa tidur.

6. Hindari stres
Stres tidak akan pernah bisa membuat Anda untuk beristirahat. Cobalah untuk tidak membawa-bawa pekerjaan Anda ketempat tidur Anda, karena bagaimana pun juga tempat tidur Anda adalah tempat untuk beristirahat.

7. Lakukan kebiasaan baik
Kebiasaan baik disini adalah dengan membiasakan diri untuk selalu tidur dengan jadwal yang sama. Biasakan untuk tidak tidur larut malam supaya tubuh terasa bugar ketika bangun nanti. Ketika Anda sudah membiasakan diri untuk tidur sesuai jadwal, maka secara otomatis Anda akan mengantuk pada jam dimana Anda biasanya pergi tidur.

Itulah cara mengatasi susah tidur yang selama ini seringkali Anda alami. Sebelum tidur, jangan lupa untuk berdo’a dulu ya...
Previous
Next Post »
0 Komentar