7 Pola Hidup Sehat Ini Sangat Murah dan Mudah Dilakukan

19:44
Tips Sehat - Anda pastinya tidaklah asing dengan sebuah kalimat “sehat itu mahal”, iya kan? Kalimat tersebut memang tepat mengingat banyak sekali orang-orang yang ketika sakit rela mengelurkan biaya selangit hanya untuk bisa kembali menikmati hidup sehat.

Tidak ada yang salah jika Anda mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk bisa hidup sehat. Namun, sebenarnya masih ada cara yang lebih mudah dan murah untuk bisa menikmati hidup sehat.
cara melakukan pola hidup sehat
Ilustrasi polah hidup sehat via playbuzz.com
Berikut ini merupakan beberapa pola hidup sehat yang mudah dan murah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda
Air minum yang paling baik bagi tubuh adalah air putih. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan baik disetiap harinya. Mengonsumsi air putih yang direkomendasikan oleh para ahli sekurang-kurangnya adalah 8 gelas perhari. Bila kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan baik, maka tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu, minum air putih juga akan membantu proses pembuangan racun lebih lancar.



2. Biasakan untuk sarapan pagi
Sampai saat ini masih banyak orang yang dengan mudahnya meninggalkan sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi ini sangat penting sekali untuk dilakukan sebelum kita melakukan berbagai aktivitas. Dengan melakukan sarapan pagi, tubuh kita akan memperoleh energi penting yang sangat dibutuhkan dalam menjalani rutinitas. Oh iya, pastikan juga bahwa menu sarapan pagi Anda mengandung nutrisi yang seimbang.

3. Makan makanan sehat dan tidak berlebihan
Setiap makanan yang masuk kedalam tubuh mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh kita. Bila makanan yang dikonsumsi baik, maka akan baik pula tubuh kita. Dan begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang sebaiknya kita jangan terlalu bernafsu untuk mengonsumsi makanan yang kelihatan enak tapi tidak sehat. Misalnya makanan instan, makanan cepat saji, dll.

4. Biasakan bangun di pagi hari untuk menghirup udara bersih
Semakin hari polusi udara semakin meningkat dan itu bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Namun hal itu berbeda ketika hari masih pagi. Udara di pagi hari masih bersih dan tentu saja menghirup udara di pagi hari sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karenanya, biasakan untuk bangun di pagi hari dan tariklah napas dalam-dalam untuk menghirup udara pagi yang belum tercemar polusi.

5. Rajin berolahraga
Sesibuk apapun kegiatan Anda, jangan pernah lupa meluangkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Tidak perlu pergi ke gym atau melakukan olahraga yang berat untuk bisa tetap sehat. Anda cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti lagi pagi atau bersepeda secara rutin.

6. Istirihat yang cukup
Kita perlu waktu untuk beristirahat. Karena dengan mengistirahatkan tubuh, kita akan memperoleh energi baru sehingga bisa bekerja kembali dengan penuh semangat. Istirahat yang dibutuhkan manusia sekitar 6-8 jam perharinya. Selain itu, tidur siang selama 20-30 menit juga bisa membuat otak kita menjadi fresh kembali.

7. Beri ruang pada otak
Otak kita juga membutuhkan ruang yang cukup supaya bisa bekerja maksimal. Caranya, cobalah untuk mencari suasana baru dan santai yang nantinya akan memberikan ruang pada otak untuk beristirahat. Misalnya, pergi berlibur atau hanya sekedar ngobrol di warung kopi tanpa membahas tentang pekerjaan.

Nah, itulah 7 polah hidup sehat yang murah dan mudah yang Anda lakukan. Sehat itu memang mahal lho. Tapi, kita bisa menjaga tubuh tetap sehat dengan cara-cara yang mudah dan murah.
Previous
Next Post »
0 Komentar