10 Makanan Yang Membuat Kulit Tetap Cantik

21:02
Merawat kulit untuk tetap terlihat cantik tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan produk kecantikan saja. Produk kecantikan pada umumnya hanya menjaga kulit dari luarnya saja. Selain itu, tidak semua produk kecantikan kulit cocok dengan jenis kulit Anda.
makanan untuk kecantikan kulit
Ilustrasi makanan untuk kulit via beautyandskincaresecrets.org
Daripada bingung memilih produk kecantikan yang cocok dengan jenis kulit Anda, lebih baik mengonsumsi makanan-makanan berikut ini yang tidak hanya merawat kecantikan kulit, tapi juga membuat tubuh tetap sehat.

10 Makanan Yang Membuat Kulit Tetap Cantik

1. Pepaya
Dalam 100 gram, pepaya hanya mengandung 39 kalori saja. Selain itu, buah pepaya juga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tidak mengandung kolesterol. Pepaya rendah akan fruktosa tapi banyak mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang baik sekali untuk mencegah inflamasi dan jerawat. Disamping itu, vitamin C juga bagus untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Seledri
Kebanyakan orang hanya memanfaatkan seledri sebagai penyedap suatu masakan saja. Padahal seledri ini memiliki kandungan vitamin K yang mampu menjaga tekanan darah. Seperti yang Anda tahu, tekanan darah tinggi akan membuat seseorang mudah stres sehingga akhirnya akan memicu terjadinya migrain, kanker, dan kulit menjadi kusam. Seledri juga mengandung potasium dan sodium alami yang akan membuat kulit Anda terhindar dari dehidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terjaga dari kerusakkan kulit seperti kulit kering, kerutan, dan jerawat.

3. Bayam
Jenis sayuran yang satu ini begitu kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi yang tersimpan didalamnya antara lain adalah zat besi, folat, klorofil, magnesium, serat, protein nabati, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Semua nutrisi ini baik untuk kulit. Belum lagi kandungan antioksidannya yang bisa melindungi kulit dari berbagai masalah kerusakkan kulit.



4. Salmon
Ikan salmon dikenal akan asam lemak omega-3 nya yang begitu tinggi. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan omega-3 dapat menjaga kulit dari kerutan, jerawatan, dan inflamasi. Selain menjaga kulit tetap sehat dan cantik, ikan salmon juga bagus untuk membuat rambut tetap sehat dan kuat.

5. Paprika merah
Sayuran yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dikombinasikan dengan sayuran lainnya. Dalam satu buah paprika merah dapat mencukupi 100% kebutuhan vitamin C harian Anda. Paprika merah juga kaya akan carotenoid yang dapat membantu menyamarkan kerutan di wajah, meningkatkan sirkulasi darah dalam kulit, dan membantu Anda terlihat tampak lebih muda.

6. Wortel
Umumnya orang mengetahui manfaat wortel hanya sebatas untuk kesehatan mata saja. Padahal, wortel juga baik untuk kulit. Kandungan vitamin A didalamnya dapat mencegah produksi sel berlebihan dalam lapisan luar kulit. Vitamin tersebut juga baik untuk mengurangi perkembangan sel kanker kulit.

7. Teh hijau
Minuman menyehatkan ini juga bagus untuk menutrisi kulit. Teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan dan asam amino yang unik, L-theanine yang akan merelaksasi tubuh dan juga menurunkan stres. Ketika diseduh dengan air panas, teh hijau akan mengeluarkan catechins yang merupakan jenis antioksidan alami yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-kanker.

8. Cokelat hitam
Cokelat hitam begitu kaya akan antioksidan, flavonols, dan asam lemak yang dapat membuat kulit tampak bersinar. Antioksidan pada cokelat hitam juga bagus untuk menghilangkan kulit kasar dan melindungi kulit dari sinar matahari. Disarankan untuk memilih cokelat hitam yang mengandung 80% cocoa supaya tidak terjebak dalam tambahan gula.

9. Seeds
Pumkin seeds, flax seeds, hemps seeds, chia seeds, dan sunflower seeds sangat bagus untuk kulit Anda. Flax seeds dan chia seeds memiliki asam lemak omega-3 yang sempurna untuk melawan kerutan dan jerawat. Sunflower seeds dan pumkin seeds kaya akan vitamin E, protein, magnesium, dan selenium. Protein dan selenium yang terkandung didalamnya dapat membantu menyamarkan kerutan. Vitamin E untuk menghaluskan kulit dan magnesium membantu turunkan kadar stres.

10. Coconut oil
Coconut oil merupakan sumbernya untuk lemak jenuh, sekitar 90% kalorinya adalah lemak jenuh. Coconut oil atau minyak kelapa kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E yang akan membuat kulit terasa lsembut dan terhindar dari jerawat. Manfaatkan coconut oil sebagai body cream dan konsumsi satu sendok makan setiap hari.
Previous
Next Post »
0 Komentar