Inilah Manfaat Daun Pepaya yang Harus Anda Ketahui

19:29
Manfaat Daun Pepaya – Pepaya adalah salah satu jenis buah-buahan yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia, buah papaya sangatlah mudah untuk didapatkan. Rasanya yang begitu enak, membuat banyak orang sangat menyukainya.

Buah pepaya memang bukan berasal dari Negara Indonesia, melainkan buah tersebut berasal dari Amerika Selatan dan Meksiko. Dibandingkan bagian lainnya, misalnya daun pepaya, buah pepaya memang yang paling banyak disukai. Kendati demikian, ternyata daun pepaya juga sangat baik untuk kesehatan.
manfaat daun pepaya
Daun pepaya yang kaya manfaat via travelshus.com
Memang benar, daun pepaya akan terasa pahit ketika dikonsumsi. Akan tetapi, dibalik rasa pahitnya itu, daun pepaya mengandung beberapa vitamin yang tentu saja akan memberikan dampak positif terhadap tubuh Anda. Beberapa vitamin yang terdapat pada daun pepaya diantaranya adalah vitamin A, B1, dan C.

Meskipun jumlah nutrisi yang terkandung didalamnya tidak sebanyak yang tersimpan pada bagian buahnya, akan tetapi inilah manfaat daun pepaya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan


1. Sebagai obat demam berdarah
Tahukah Anda, daun pepaya ternyata sangatlah baik dikonsumsi oleh mereka yang tengah menderita penyakit demam berdarah. Cara mengatasi demam berdarah dengan daun pepaya adalah campurkan 5 lembar daun paya, meniran, temulawak, dan gula merah. Rebus sampai semunya masak, dinginkan, dan minumlah oleh mereka yang sedang mengalami sakit demam berdarah.

2. Mencegah kanker
Beberapa waktu yang lalu, para peneliti telah menemukan bahwa getah putih yang diberi nama white milky latex yang terdapat pada batang daun pepaya bisa dikembangkan sebagai obat antikanker. Hal ini karena getah bermanfaat untuk mencegah dan sekaligus membunuh sel-sel kanker dengan zat acetogeninnya.



3. Mengontrol tekanan darah
Mengontrol tekanan darah bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi daun pepaya yang telah direbus. Cara menggunakannya, siapkan 5 lembar daun pepaya dan rebus dengan setengah liter air. Bila telah dingin, minumlah air rebusan tersebut. Jika teras pahit, Anda juga diperbolehkan untuk menambahkan gula merah atau madu kedalamnya.

4. Memperbaiki saluran pencernaan
Mengonsumsi daun pepaya juga bermanfaat untuk melancarkan sistem saluran pencernaan. Ini dikarenakan buah pepaya memiliki sebuah zat karpin didalamnya. Zat karpin berguna untuk melawan mikroorganisme jahat yang seringkali mengganggu pencernaan.

5. Merawat rambut
Tidak banyak yang tahu bahwa daun pepaya juga bisa diandalkan untuk memperkuat batang rambut dan sekaligus mengatasi masalah yang sering terjadi pada rambut. Misalnya, rambut rontok, berketombe, dan kebotakan. Cara penggunaannya, tumbuklah daun pepaya dan balurkan pada bagian kulit kepala secara merata.

6. Obat anti nyeri haid
Biasanya seorang wanita akan merasa kesakitan ketika sedang haid. Oleh sebab itu, cobalah untuk minum air rebusan daun pepaya secara rutin. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada saat haid.

Itu dia manfaat daun pepaya yang baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun daun pepaya dikenal akan rasanya yang pahit, akan tetapi masih banyak manfaat yang bisa diambil dari daun tersebut.
Previous
Next Post »
0 Komentar