7 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Yang Harus Anda Coba

20:17
Tips Sehat dan Cantik - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi untuk Anda mengenai cara mengatasi rambut bercabang secara alami. Sebagaimana kita ketahui, bagi seorang wanita rambut adalah sebuah mahkota yang tentu saja harus  di jaga keindahannya. Bila rambut Anda dibiarkan begitu saja, maka kesehatan dan keindahan rambut Anda pun akan sangat mudah sekali mengalami kerusakkan.

Ada banyak hal yang bisa mengindikasikan bahwa rambut Anda sedang bermasalah. Beberapa diantaranya seperti adanya ketombe, rambut rontok, kusam, rambut bercabang, dan lain-lain. Sebelumnya disini kami pernah membahas mengenai masalah ketombe dan rambut rontok. Untuk menyimak artikelnya, silahkan baca di cara menghilangkan ketombe dan cara mengatasi rambut rontok.
cara alami mengatasi rambut bercabang
Ilustrasi rambut rontok via hairstalk.com
Masalah rambut bercabang sampai saat ini masih banyak dialami oleh sebagian besar wanita. Hal ini bisa terjadi karena rambut kekurangan nutrisi, terlalu berlebihan dalam menggunakan produk kimiawi, terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, terlalu sering menggunakan strika rambut, faktor usia rambut, dan lain-lain.

Cara mengatasi rambut bercabang yang paling mudah adalah dengan pergi ke salon dan biarkan ahlinya yang membantu mengatasinya. Cara ini memang yang paling mudah karena Anda tidak harus repot-repot untuk melakukan ini-itu. Namun sayang, cara ini tentu saja mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk Anda yang tertarik mengatasi rambut bercabang dengan cara tradisional atau alami, berikut ini telah kami sediakan untuk Anda cara mengatasi rambut bercabang secara alami.

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang

1. Gunakan kondisioner
Setelah Anda melakukan keramas, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelahnya. Penggunaan kondisioner setelah keramas bermanfaat untuk melembabkan rambut sekaligus membuatnya lebih halus. Selain itu, kondisioner juga akan membantu Anda memperkecil kemungkinan terjadinya rambut bercabang.



2. Lakukan pemotongan secara rutin
Semakin panjang rambut akan semakin mudah pula ujung rambut tersebut menjadi bercabang. Oleh karena itu, lakukanlah secara rutin pemotongan pada ujung rambut. Waktu yang paling baik untuk melakukan pemotongan setidaknya dilakukan dalam waktu 2 bulan sekali.

3. Hindari alat pemanas
Selain menghindari paparan sinar matahari secara langsung, sebaiknya Anda juga perlu menghindari alat pemanas seperti alat catok maupun hair driyer. Mengapa demikian? Karena, penggunaan alat listrik dapat menghantarkan aliran listrik yang bisa memicu terjadinya rambut rontok, kering, rapuh, dan bercabang.

4. Biasakan menggunakan sisir rambut yang giginya jarang
Memakai sisir dengan giginya yang lebar sangat baik untuk mencegah rambut kita tersangkut di sisir. Oleh sebab itu, gunakanlah sisir tersebut pada saat menyisir rambut atau pada saat perawatan rambut seperti ketika menggunakan kondisioner.

5. Cukupi kebutuhan nutrisi rambut
Kekurangan nutrisi pada rambut tidak hanya membuatnya mudah bercabang namun juga membuat rambut akan sangat mudah mengalami kerontokkan. Nutrisi rambut bisa terpenuhi dengan baik manakala Anda rajin mengonsumsi vitamin B, terutama yang terdapat asam folat dan biotin. Beberapa makanan yang baik untuk memberikan nutrisi pada rambut adalah sayuran hijau, jeruk, kedelai, biji bunga matahari, beras merah, dan lain-lain.

6. Menggunakan minyak zaitun
Cara menghilangkan rambut bercabang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Cara penggunannya cukup dengan mengusapkan satu sendok minyak zaitun pada seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

7. Hindari pewarnaan rambut
Sesekali tidak ada salahnya untuk mewarnai rambut Anda. Namun, bila Anda terlalu sering menggunakannya hal itu justru akan menimbulkan masalah pada rambut Anda. Pada umumnya perwarna rambut menggunakan bahan kimia dan itu mungkin saja akan merusak kesehatan rambut Anda. Pertimbankan kembali jika Anda ingin gonta-ganti warna rambut Anda.

Demikian informasi untuk Anda mengenai cara mengatasi rambut bercabang yang bisa dilakukan dirumah Anda. Mengatasi rambut bercabang dengan cara yang telah disebutkan diatas memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga dibutuhkan ketekunan dan keseriusan dalam melakukannya. Semoga bermanfaat...
Previous
Next Post »
0 Komentar