Cara Mengatasi Leher Kaku Dengan Bahan-bahan Alami

22:49
Cara Mengatasi Leher Kaku - Leher kaku bisa dialami oleh siapa saja baik itu orang yang masih muda atau yang sudah berusia lanjut. Leher kaku bisa disebabkan karena salah posisi ketika bergerak atau bisa juga salah posisi ketika sedang tidur. Ketika Anda mengalami leher kaku, bukan hanya aktifitas sehari-hari saja yang dapat terganggu namun leher kaku juga dapat memicu timbulnya masalah kesehatan lainnya pada anggota tubuh Anda.

Seseorang yang mengalami kaku pada bagian lehernya biasanya ditandai dengan adanya rasa sakit atau kesulitan untuk menggerakkan leher, terutama ketika mencobanya untuk menolehkan kepala baik itu kesisi samping kanan atau kiri. Leher yang kaku terkadang bisa juga disertai dengan adanya sakit kepala, nyeri bahu, nyeri lengan, dan lain-lain.

Ilustrasi leher terasa kaku via wisegeek.org
Sekarang ini sudah tersedia obat oles yang bisa dimanfaatkan untuk membantu meredakan atau menghilangkan kaku pada leher. Namun, penggunaan yang terus menerus bukan malah menyembuhkan akan tetapi justru malah bisa berdampak buruk terhadap kulit leher seperti hal nya iritasi. Cara mengatasi leher kaku sebenarnya bisa juga tanpa harus menggunakan obat oles yang mengandung bahan kimia. Dengan menggunakan bahan-bahan alami pun juga bisa mengobati leher yang kaku. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi leher kaku.

Cara Mengatasi Leher Yang Kaku


Kayu manis
Siapa sangka, kayu manis yang pada umumnya lebih banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata kayu manis juga dapat memberikan manfaat dari dalam tubuh serta bisa juga dimanfaatkan untuk membantu mengatasi leher kaku. Cara mengatasi leher kaku dengan kayu manis adalah rendam kayu manis dengan air hangat kemudian hirup aroma wanginya. Dengan melakukan hal ini Anda akan menjadi lebih tenang dan segar. Selain menghirup aromanya, air rendaman kayu manis pun bisa juga digunakan untuk mengompres leher yang kaku.



Seledri
Tidak berbeda jauh dengan kayu manis, seledri juga seringkali hadir pada jenis masakan tertentu. Tumbuhan yang baik untuk membuat rambut tetap sehat dan cantik ini juga baik untuk mengatasi leher yang kaku. Selain digunakan sebagai kompres, seledri juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Minum jus seledri dapat memperbaiki saraf rusak akibat stres atau pun nyeri di saat datang bulan.

Minyak esensial
Minyak esensial juga bisa digunakan untuk mengatasi leher kaku. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni oleskan minyak esensial pada bagian leher yang terasa kaku dan urut secara pelan-pelan. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan cukup beragam, bisa dari bunga lavender, rosemary, pinus, juniper, dan pala. Menggunakan minyak ini akan membuat otot disekitar leher kembali lentur dan aroma dari minyak tersebut mampu menenangkan pikiran Anda.

Es
Penggunaan es pada leher kaku akan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri. Cara menggunakannya adalah kompres leher yang kaku dengan air es kurang lebih selama 10-15 menit. Dengan memberikan rasa dingin dari air es, leher Anda pun akan kembali menjadi lebih rileks dan segar.

Perhatian!
Jika dengan bahan-bahan alami yang telah disebutkan diatas leher kaku Anda masih belum pulih dan malah semakin memburuk, menyebar dan diiringi dengan gejala yang lainnya, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. Karena leher kaku yang disertai dengan gejala seperti nyeri pada bagian lengan, demam, mati rasa, kebingungan, atau sakit kepala, hal itu bisa mengindikasikan bahwa penyakit yang diderita lebih serius.

Nah, itulah ke-4 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi leher yang kaku. Selain bahan-bahannya sangat mudah didapatkan, Anda pun tidak harus mengerluarkan biaya yang mahal untuk mengatasinya. Semoga informasi cara mengatasi leher kaku yang telah disampaikan ini bermanfaat untuk Anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar