5 Kebiasaan Menyisir Rambut Ini Sebaiknya Dihindari

18:29
Tips Sehat dan Cantik - Baik pria maupun wanita, menyisir rambut merupakan salah satu kebiasaan yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan menyisir rambut, rambut kita akan terlihat lebih rapi, tampan atau cantik, sehingga hal itu bisa membuat kita menjadi lebih percaya diri.
kebiasaan menyisir rambut
Ilustrasi menyisir rambut via valueadd.sg
Meskipun menyisir rambut merupakan kegiatan yang sangat sederhana, tapi tahukah Anda bahwa beberapa cara menyisir rambut ternyata bisa berdampak buruk lho terhadap kesehatan rambut. Ingin tahu kebiasaan menyisir rambut yang sebaiknya Anda hindari? Berikut adalah informasi sederhana namun penting bagi kesehatan rambut Anda.

1. Menyisir ketika rambut basah
Kebiasan buruk pertama dalam menyisir rambut adalah menyisir rambut pada saat rambut masih dalam keadaan basah. Ditambah lagi sisir yang digunakan adalah sisir dengan gigi-giginya yang rapat yang membuat rambut Anda ditarik kuat-kuat sehingga mengalami gesekan dan akhirnya mudah patah. Ketika menyisir dalam kondisi seperti ini, Anda akan melihat banyaknya rambut yang rontok dan menempel pada sisir. Sebaiknya, keringkan rambut lebih dulu sebelum Anda menyisirnya.



2. Memaksa menyisir rambut kusut
Ketika rambut kusut, apakah Anda sering memaksa dan menariknya dengan sisir? Jika demikian, apa yang Anda lakukan telah menyakiti rambut dan membuat rambut lebih mudah mengalami kerusakkan. Seharusnya, rambut dijaga dan diperlakukan dengan lembut supaya tidak banyak mengalami gesekan-gesekan. Disarankan untuk menggunakan handuk yang lembut dan mampu menyerap air dengan baik.

3. Sisir yang digunakan kotor dan memiliki gigi yang terlalu rapat
Kita tahu bahwa sisir itu memiliki bentuk yang beraneka macam karena memang fungsinya pun tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Supaya rambut Anda terawat dengan baik, alangkah lebih baik jika Anda mempunyai banyak bentuk sisir dirumah. Ini bertujuan supaya pemakaian sisir bisa disesuaikan dengan fungsinya. Disamping itu, setidaknya seminggu sekali sisir harus dibersihkan supaya kotoran yang menumpuk pada sisir tidak menempel pada rambut yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori.

4. Menyisir rambut dari akar ke ujung
Kita mungkin sering menyisir rambut mulai dari akar sampai ujung rambut. Padahal, cara ini ternyata bisa membuat rambut lebih mudah patah. Cara menyisir rambut yang benar adalah dengan mengawalinya beberapa inci dari akar rambut.

5. Sisir yang digunakan 100% berbahan plastik
Kita mungkin tidak begitu menghiraukan dengan yang satu ini. Padahal, menyisir dengan menggunakan sisir yang 100% berbahan plastik akan membuat rambut menjadi kurang halus yang disebabkan oleh adanya listrik statis yang dihasilkan pada saat menyisir. Selain itu, ini juga akan menimbulkan luka pada batang-batang rambut yang tidak bisa dilihat.

Selain 5 kebiasaan diatas, Anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering menyisir rambut. Untuk merapikan rambut kembali, sebenarnya Anda juga bisa kok menyisirnya hanya dengan menggunakan jemari saja.
Previous
Next Post »
0 Komentar