5 Jenis Makanan Yang Tinggi Akan Serat

20:23
Tips Sehat dan Cantik - Makanan yang tinggi akan serat selain bagus untuk kesehatan pencernaan, makanan tersebut juga memiliki manfaat yang begitu luar biasa terhadap tubuh. Seseorang yang rutin mengonsumsi makanan tinggi serat akan mengurangi risiko terkena stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Tapi sayang, didunia ini masih banyak orang yang belum bisa memenuhi asupan serat disetiap harinya dengan baik.

Salah satu tanda bahwa tubuh Anda kekurangan serat adalah ketika tubuh Anda mulai merasa kesulitan untuk BAB. Disamping itu, orang yang kurang mengonsumsi makanan-makanan berserat juga akan kesulitan untuk mengontrol kadar gula dalam darah.
makanan tinggi serat
Ilustrasi makanan tinggi serat via commonsensehealth.com
Supaya Anda terhindar dari semua itu, alangkah baiknya mulai dari sekarang Anda mengonsumsi serat secara teratur hingga kebutuhan serat disetiap harinya terpenuhi dengan baik. Jika Anda kesulitan untuk menemukan makanan apa saja yang banyak memiliki serat, berikut telah kami sajikan 5 makanan sehat yang tinggi akan serat.

1. Buah pir
Satu buah pir berukuran sedang pada umumnya memiliki setidaknya 5.5 gram serat. Selain tinggi akan serat, buah pir juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan kandungan senyawa lainnya yang tentu saja bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

2. Buah alpukat
Buah yang dikenal bagus untuk kecantikan ini rupanya mengandung sekitar 6.7 gram serat. Buah ini masuk kedalam kategori buah-buahan super yang tidak hanya kaya akan serat namun juga kaya akan vitamin dan lemak sehat. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan buah alpukat kedalam menu makanan sehat Anda.



3. Brokoli
Brokoli yang sudah masak umumnya mengandung kurang lebih 5.1 gram serat yang sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mengontrol tekanan darah, mencegah kanker, dan masih banyak manfaat brokoli bagi tubuh Anda.

4. Kecambah
Satu gelas kecambah yang telah masak memiliki kandungan serat kurang lebih 4.1 gram. Selain bagus untuk pencernaan, banyak yang meyakini kalau kecambah bermanfaat untuk memperbaiki kesuburan pria dan wanita. Jika Anda mempunyai masalah dengan sistem pencernaan dan ingin segera mendapatkan momongan, mengonsumsi kecambah bisa menjadi salah satu solusinya.

5. Artichoke
Jenis sayuran yang satu ini mungkin tidaklah begitu populer bagi kalangan masyarakat Indonesia. Ini terjadi karena artichoke sangat jarang ditemui dan juga jarang digunakan pada masakan sehari-hari. Perlu Anda ketahui, dalam satu artichoke saja mengandung kurang lebih 10.3 gram serat. Anda bisa menyajikan artichoke dalam bentuk tumisan yang dipadukan dengan bahan-bahan rempah lainnya.

Itu dia 5 jenis makanan yang tinggi akan serat. Mengonsumsi makanan-makanan diatas secara rutin akan membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.
Previous
Next Post »
0 Komentar