4 Jenis Sarapan Ini Baik Dikonsumsi Pada Masa Kehamilan

18:33
Tips Sehat dan Cantik - Tidak sedikit ibu yang sedang hamil merasakan mual dan nafsu makannya malah berkurang. Dan karena hal inilah, beberapa dari ibu hamil sering meninggalkan sarapan. Bahkan ada pula ibu hamil yang hanya mau mengonsumsi makanan-makanan tertentu saja. Padahal, sarapan adalah aktivitas penting yang tidak boleh dilewatkan.

Orang yang tidak dalam masa kehamilan saja sangat disarankan untuk sarapan terlebih dahulu, apalagi buat ibu yang sedang hamil. Supaya kesehatan ibu dan janin tetap terjaga dengan baik, maka nutrisi yang ada pada menu sarapan pagi sangatlah penting untuk diperhatikan.
menu sarapan terbaik ibu hamil
Ilustrasi menu sarapan ibu hamil via amazonaws.com
Sudah tahukah Anda apa saja menu sarapan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Dibawah ini setidaknya terdapat 4 makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Buah-buahan segar
Buah-buahan segar merupakan salah satu makanan terbaik yang kaya akan vitamin dan serat. Disamping itu, buah-buahan segar juga begitu kaya akan kandungan folat dan potassium. Dengan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, tidaklah mengherankan jika buah-buahan segar menjadi salah satu makanan terbaik yang perlu dikonsumsi pada saat sarapan oleh ibu hamil. Anda bisa memilih apel, pisang, alpukat, atau pepaya untuk dimasukkan kedalam menu sarapan pagi Anda.



2. Sayuran berwarna hijau
Sayuran yang berwarna hijau merupakan makanan yang tinggi akan vitamin dan protein. Selain itu, makanan ini juga kaya akan kalsium serta nutrisi lainnya yang dapat mendukung kesehatan ibu maupun janin yang ada didalam kandungan. Sayuran berawarna hijau yang baik untuk ibu hamil diantaranya adalah bayam dan brokoli.

3. Biji-bijian utuh
Beberapa study telah menyebutkan bahwa biji-bijian utuh sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Biji-bijian utuh dikenal sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat, vitamin, protein, serat, dan folat. Menjadikan biji-bijian utuh sebagai menu sarapan pagi akan membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama, lebih berenergi, dan tidak kembung. Jika ibu hamil kurang suka dengan biji-bijian utuh, ibu hamil bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan olahan dari gandum utuh seperti roti atau sereal.

4. Aneka olahan susu
Mengonsumsi susu ketika sedang hamil juga disarankan, apalagi ketika sedang sarapan. Susu merupakan makanan yang kaya akan kalsium, protein, vitamin, dan lemak sehat. Minum susu secara rutin disetiap pagi hari akan membantu perkembangan tulang, gigi, dan bagian tubuh lainnya pada janin supaya lebih sempurna.

Itu dia 4 makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu hamil pada saat sarapan. Selain makanan-makanan yang telah disebutkan diatas, ibu hamil juga harus tetap mengonsumsi makanan-makanan lainnya yang tentu saja memiliki nutrisi penting bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar