10 Makanan Lezat Ini Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

18:11
Tips Sehat dan Cantik - Di dunia ini ada banyak sekali makanan lezat yang bisa Anda makan. Beberapa makanan lezat tersebut diantaranya ada juga yang bermanfaat untuk membuat kulit Anda tetap sehat. Memiliki kulit yang sehat tentu saja sangat diharapkan. Karena kulit yang sehat akan membuat Anda tampak lebih muda dan segar.

Kesehatan kulit Anda sangat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi di setiap harinya. Semakin baik makanan yang Anda makan, maka kulit Anda pun akan terlihat lebih sehat dan segar. Akan tetapi, saat ini cukup sulit untuk memilih makanan yang tidak hanya lezat saat disantap namun juga bermanfaat terhadap kesehatan tubuh Anda. Bila Anda belum tahu apa saja makanan lezat yang baik untuk kesehatan kulit Anda, berikut adalah 10 makanan lezat yang mampu menjaga kulit Anda tetap sehat sehingga Anda pun akan terlihat awet muda.
makanan lezat untuk kesehatan kulit
Ilustrasi buah blueberry via bioweb.uwlax.edu

Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit


1. Cokelat
Meskipun banyak mitos yang menunjuknya sebagai biangnya jerawat, akan tetapi cokelat juga sebetulnya baik untuk kulit Anda. Mengonsumsi cokelat sebenarnya dapat meningkatkan asupan flavonol yang bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda. Selain itu, kandungan flavonoid dalam cokelat juga baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

2. Yogurt
Yogurt merupakan salah satu makanan ringan yang lezat dan disukai banyak orang. Yogurt memiliki kandungan protein yang akan membuat kulit lebih kuat sekaligus membantu mencegah timbulnya garis-garis halus dan keriput. Mengonsumsi yogurt akan jauh lebih nikmat bila ditambahkan beberapa buah-buahan segar diatasnya.

3. Buah-buahan berwarna ungu dan biru
Buah-buahan adalah satu dari sekian banyak makanan yang mempunyai manfaat luar biasa terhadap kesehatan tubuh Anda. Buah-buahan seperti blackberry, blueberry, dan plum sangat baik untuk menjadikan kulit Anda tetap sehat dan mulus. Ke tiga buah-buahan tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang dapat menjaga kerusakkan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Salmon
Salmon dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 nya yang bermanfaat untuk kecerdasan otak. Selain bagus untuk otak, asam lemak omega-3 juga baik untuk membuat kulit tetap lembab sehingga nantinya Anda pun akan terhindar dari jerawat, keriput, dan peradangan. Bila Anda mengonsumsinya secara teratur bukan hanya itu saja yang bisa didapatkan,  melainkan kulit kepala juga akan terhidrasi dan itu baik untuk kesehatan rambut Anda.

5. Ubi jalar
Ubi jalar juga bagus untuk kulit Anda, karena kandungan vitamin A dan C didalamnya akan membantu kulit Anda tetap sehat dan tampak lebih cerah. Kandungan vitamin A pada ubi jalar memiliki sifat sebagai antioksidan yang nantinya akan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sedangkan kandungan vitamin C akan meningkatkan produksi kolagen yang nantinya akan membuat kulit Anda lebih halus dan kenyal.

6. Bayam
Bayam kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Beberapa kandungan nutrisi yang tersimpan pada bayam diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat, magnesium, zat besi, klorofil, dan protein nabati. Konsumsilah bayam secara teratur karena hal itu bagus untuk tubuh Anda.

7. Tomat
Tomat juga hampir sama dengan beberapa makanan yang telah disebutkan diatas. Tomat memiliki kandungan lycopene yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit sekaligus melindunginya dari pigmentasi.

8. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Dan perlu Anda ketahui bahwa vitamin E sangatlah diperlukan untuk kulit karena hal itu bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Biji bunga matahari bisa juga Anda jadikan sebagai camilan yang menyehatkan.

9. Paprika merah
Mengonsumsi paprika merah juga sama baiknya untuk kulit Anda. Dalam satu paprika merah saja terdapat kandungan vitamin C yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, paprika merah juga mengandung vitamin B yang cukup tinggi, serta serat dan karotenoid yang bisa membantu Anda untuk melawan keriput dan juga meningkatkan aliran darah ke kulit.

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya untuk memasukkan paprika merah kedalam menu diet Anda. Pasalnya, paprika merah hanya mengandung sekitar 30 kalori saja per buahnya. Kandungan serat yang terdapat pada paprika merah akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, selain program diet Anda dapat berjalan dengan lancar Anda juga akan memiliki kulit cantik dan sehat.

10. Biji rami
Tahukah Anda bahwa biji rami itu kaya lho akan omega-3. Nah, kandungan omega-3 ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam mengontrol menculnya garis-garis halus dan bintik-bintik usia. Bahkan ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa biji rami yang dikonsumsi setiap hari akan membantu meringankan kulit dari kemerahan, iritasi serta membantu kulit supaya terlihat lebih segar dan lembut.

Meskipun 10 makanan diatas baik untuk kulit, akan tetapi jangan terlalu banyak juga yan mengonsumsinya. Karena bagaimanapun juga, mengonsumsi berlebihan itu tidaklah baik untuk tubuh Anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar