5 Bahaya Kesehatan dari Menggigit Kuku

17:41
Tips Sehat dan Cantik - Hampir sebagian orang mempunyai kebiasaan buruk ketika ia masih berusia kanak-kanak. Bahkan ada juga yang sampai sudah dewasa sekalipun kebiasaan buruk tersebut masih sering dilakukannya. Padahal yang namanya kebiasaan buruk itu sudah jelas tidaklah baik, terutama untuk kesehatan. Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mengisap jempol, memutar-mutar rambut, kemudian menggigit kuku adalah beberapa kebiasaan buruk yang seringkali dipandang sebelah mata.

Menggigit kuku boleh dibilang salah satu kebiasaan buruk yang masih saja dilakukan oleh sebagian orang dewasa. Selain itu, menggigit kuku juga bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Nah, berikut ini setidaknya terdapat 5 bahaya kesehatan dari menggigit kuku yang sebaiknya perlu Anda ketahui.
Bahaya Menggigit Kuku
Ilustrasi via molto.co.id
1. Memicu timbulnya penyakit
Mungkin Anda termasuk orang yang sering mencuci tangan. Akan tetapi, apakah disaat yang bersamaan Anda juga turut membersihkan bagian bawah kuku Anda? Telapak tangan sering dicap sebagai sarang kuman dan bakteri. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa kuku biasanya menyimpan sejumlah bakteri dan kuman dua kali lebih banyak dari telapak tangan Anda sendiri. Oleh karena itu, pada saat Anda menggigit kuku, maka bakteri yang berada di kuku akan masuk kedalam mulut sehingga memicu untuk timbulnya berbagai macam penyakit.

2. Infeksi kuku
Luka dan lecet merupakan beberapa akibat yang paling umum dirasakan oleh  mereka yang suka melakukan kebiasaan buruk seperti menggigit kuku. Disamping itu, orang yang suka memotong kuku dengan menggunakan giginya biasanya akan lebih rawan untuk menderita paronychia yang merupakan salah satu penyakit infeksi kuku.

3. Menimbulkan masalah pada gigi
Bukan hanya sebatas mengganggu kesehatan kuku saja, suka menggigiti kuku juga akan mempengaruhi kesehatan gigi Anda. Hal ini karena kebiasaan buruk tersebut dapat mengakibatkan gigi Anda bergeser ke posisi yang salah, dan menjadi keropos dari waktu ke waktu.

4. Lebih mudah terserang penyakit
Menurut sebuah penelitian, sekitar 20%-30% orang yang suka memotong kuku dengan giginya, biasanya akan mempunyai kesehatan tubuh yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai kebiasaan buruk tersebut. Hal ini disebabkan karena kebiasaan buruk yang satu ini akan membuat orang yang melakukannya menjadi lebih rentan sakit dikarenakan bakteri yang masuk kedalam tubuhnya.

5. Memicu timbulnya kutil
Mengigit kuku akan menjadikan kulit kuku Anda lebih kasar serta kuku tersebut akan tumbuh keras di bawah dan di sekitar kuku. Kutil yang tumbuh ini akan sulit untuk dihilangkan karena lokasi tumbuhnya tersebut berada dekat dengan kuku Anda.

Sebelum 5 bahaya kesehatan dari menggigit kuku yang telah disebutkan diatas dialami oleh Anda, sebaiknya hentikan sekarang juga kebiasaan buruk tersebut. Lagi pula, menggigiti kuku itu tidak ada manfaatnya. Kalau pun ada, manfaat yang bisa didapat pun tidak akan sebanding dengan dampak buruk yang ditimbulkannya.
Previous
Next Post »
0 Komentar