Manfaat Daun Mint Yang Baik Bagi Kesehatan

20:00
Manfaat daun Mint - Daun mint ialah salah satu genus yang terbagi kedalam 25 spesies. Didunia ini tidaklah sulit untuk menemukan daun mint. Pasalnya, daun mint ini hampir dapat ditemukan diseluruh belahan dunia.

Cara mengetahui daun mint tidaklah terlalu sulit karena daun mint sendiri mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis daun yang lainnya. Daun mint mempunyai aroma yang begitu khas dengan segudang manfaat yang dimilikinya.

Semenjak dahulu, daun mint telah dipergunakan banyak orang untuk membantu mencegah bau mulut, menyegarkan napas, dan masih masih banyak yang lainnya. Biasanya, daun mint sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti halnya untuk masakan, kecantikan, dan pengobatan.

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

mengenal manfaat daun mint
Ilustrasi daun mint via kylewillets.com
Untuk mengetahui apa saja manfaat dari daun mint, berikut telah kami rangkum untuk Anda beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun mint.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun mint mengandung berbagai macam vitamin yang diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Beberapa kandungan vitamin tersebut bermanfaat untuk membuat sistem imun menjadi lebih baik.

2. Membuat kulit lebih sehat
Vitamin A yang terkandung dalam daun mint mempunyai konsentrasi yang cukup tinggi, sehingga hal itu akan membantu meningkatkan dan memperkuat jaringan bagian-bagian kulit. Disamping itu, daun mint juga memiliki kandungan asam salisilat yang bisa menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih cerah, segar, dan sehat.

3. Mencegah kanker
Sebuah penelitian telah menemukan bahwa daun mint mampu mencegah penyakit kanker usus besar. Hal ini bisa terjadi karena daun mint mempunyai beberapa kandungan vitamin dan zat anti-oksidan yang mampu mencegah terjadinya radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab munculnya kanker.



4. Menyehatkan gigi dan mulut
Seperti yang telah disinggung diatas, daun mint berkhasiat untuk membuat gigi dan mulut tetap sehat. Kenapa bisa seperti itu? Karena daun mint memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-inflamasi. Kedua zat ini bekerja dengan baik untuk membuat gigi dan mulut tetap dalam keadaan sehat.

5. Melawan stres
Berkat aroma yang dimilikinya begitu khas kemudian ditambah pula dengan kandungan anti-oksidan nya yang cukup kuat, membuat daun mint bisa membantu Anda untuk meredakan stres dan juga membuat pikiran lebih tenang.

6. Meredakan batuk
Musim yang tidak menentu membuat orang menjadi rentan untuk menderita suatu penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh seseorang adalah batuk. Nah, untuk meredakan batuk, Anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan daun mint yang dipercaya mampu meredakan batuk.

7. Mengurangi panas tubuh
Manfaat daun mint selanjutnya adalah mampu mengurangi panas tubuh pada seseorang. Ini bisa terjadi karena daun mint akan memberikan pendinginan pada bagian tubuh dan juga meminimalkan dari efek sinar matahari yang begitu terik.

8. Meningkatkan nafsu makan
Perlu diketahui bahwa banyak orang yang mengaku lebih menyukai suatu masakan yang ada aroma daun mint didalamnya. Rasa yang diberikan oleh daun mint begitu menentramkan sehingga memberikan efek nyaman bagi penikmatnya. Dengan adanya daun mint pada suatu masakan, hal ini akan membantu meningkatkan nafsu makan pada seseorang.

9. Baik untuk pencernaan
Daun mint juga baik untuk sistem pencernaan Anda. Kandungan yang ada didalamnya seperti anti-oksidan dan fitonutrien mampu menjaga sistem pencernaan Anda supaya tetap dalam kondisi terbaiknya.

10. Mengatasi alergi
Bagi Anda yang mempunyai alergi pada kulit, daun mint sangat baik untuk mengontrol hal seperti itu. Daun mint memiliki zat yang dapat mengontrol sekaligus mematikan kondisi bakteri jahat maupun jamur.

Sekarang sudah tahukan manfaat apa saja yang dimiliki oleh daun mint?
Previous
Next Post »
0 Komentar